Tuesday 13 December 2022

Best Practice PJOK

 

LK 3.1 Menyusun Best Practices

 

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil, dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SMP Negeri 26 Kota Tangerang, Kel. Poris Jaya, Kec. Batuceper, Kota Tangerang, Banten

Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Pertama

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan hasil belajar materi passing bawah dan passing atas dalam permainan bolavoli pada peserta didik kelas VII

Penulis

Aldenawan, S.Pd

Tanggal

9 Desember 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

 

Hasil belajar peserta didik dalam menerima operan / umpan bola dari teman satu tim pada permainan bola voli kurang maksimal.

Latar belakang masalah:

1.         Guru belum maksimal dalam merancang pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk peserta didik pada materi passing dalam permainan bolavoli

2.         Peserta didik takut menerima passing dikarenakan rasa trauma yang pernah dialami ataupun rasa malu pada saat melakukan praktik.

3.         Kurangnya motivasi dari dalam diri peserta didik dan juga motivasi dari guru

4.         Perkenaan bola pada tangan dan ayunannya tidak tepat ketika melakukan passing bawah maupun passing atas

 

Mengapa praktik ini penting untuk dilakukan karena hampir setiap kelas terdapat permasalahan seperti ini, sehingga praktik ini selain diharapkan dapat memotivasi diri saya sendiri juga diharapkan bisa menjadi referensi untuk pembelajaran selanjutnya.

 

Peran dan tanggung jawab dalam praktik ini sebagai guru guru PJOK tentunya mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik dapat tercapai sesuai yang diharapakan

 

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

 

Tantangan yang terjadi untuk meningkatkan hasil belajar materi passing bawah dan passing atas dalam permainan bola voli pada peserta didik kelas VII yaitu:

1.        Belum maksimalnya guru dalam merancang pembelajaran yang kreatif dan inovatif karena guru belum mempunyai model yang tepat. Model ini yang akan dijadikan acuan bagi guru untuk memberikan sistem pembelajaran yang akan membuat peserta didik termotivasi untuk bersikap aktif dan kreatif di kelas.

2.        Guru belum mempelajari kembali berbagai model dan metode pembelajaran yang bisa digunakan dalam pembelajaran PJOK sehingga guru kurang memberikan penguatan kepada peserta didik saat bermain.

 

Dalam praktik baik ini, pihak yang terlibat dan mendukung saya untuk merealisasikan praktik ini antara lain:

1.         Rekan sejawat guru senior yang selalu menjadi tempat berbagi, memberikan saran dan masukan terkait pembelajaran penjasorkes.

2.         Kepala sekolah selaku pemimpin instansi yang selalu mendukung program pembelajaran menjadi lebih baik.

3.         Dosen dan guru pamong yang senantiasa memberikan arahan dan masukan untuk memperbaiki dan mengatasi kendala yang terjadi selama proses pelaksanaan praktik baik ini.

 

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

 

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan belum maksimalnya hasil belajar passing bawah dan passing atas pada permainan bola voli adalah:

1.     Memberikan motivasi di awal pembelajaran sehingga dapat meningkatkan semangat peserta didik.

2.     Memberikan media yang jelas dan menarik melalui gambar, video maupun demonstrasi secara langsung yang diharapakan dapat mempercepat proses belajar gerak peserta didik.

3.     Memberikan latihan secara kontinyu sehingga dapat meningkatkan pengusaan keterampilan dan menerapkan teknik saat bermain.

4.     Memberikan model pembelajaran yang inovatif yang sesuai dengan kondisi atau permasalahan yang dihadapi peserta didik.

Guru menerapkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning), diharapkan peserta didik dapat menganalisis gerakan passing kemudian aktif bergerak selama pembelajaran.

a.       Orientasi peserta didik kepada masalah, berkaitan dengan pemberian materi awal kepada peserta didik dan berdiskusi secara kelompok

b.      Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, latihan awal passing secara berpasangan

c.       Membimbing penyelidikan individu atau kelompok, latihan passing melewati net

d.      Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, bermain bola voli dengan peraturan dimodifikasi

e.       Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah, peserta didik menemukan gerakan yang sesuai untuk gerakan passing selama permainan kemudian mengerjakan LKPD pengetahuan

 

Selama proses pembelajaran, pihak yang terlibat dan mendukung untuk merealisasikan praktik ini antara lain:

1.         Rekan sejawat guru senior selaku observer

2.         Peserta didik

3.         Kameramen selaku videografer

 

Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi pembelajaran ini adalah

1.    Sarana dan prasarana permainan bolavoli

2.    Aliran listrik dan jaringan internet

3.    Laptop, kamera, dan tripot

 

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

 

Dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan pada belum maksimalnya hasil belajar peserta didik pada materi passing bawah dan passing atas dalam permainan bola voli adalah:

1.     Dengan pemberian motivasi akan menimbulkan semangat, gairah dan keikhlasan belajar serta mendorong siswa lebih aktif. Selanjutnya pemberian motivasi pada anak agar suka pada pembelajaran bola voli untuk membangkitkan minat dan rasa ingin tahu tentang permainan bola voli.

2.     Dengan media yang jelas misalnya dengan menampilkan video atau gambar ataupun demonstrasi secara langsung sehingga dapat membantu siswa untuk cepat menerima dan memahami bagaimana cara melakukan passing bawah dengan baik dan benar tanpa merasa takut karena bolanya keras serta dengan adanya alat modifikasi peraga bisa membantu guru dalam proses belajar yg lebih efisien dan siswa lebih aktif.

3.     Dengan penggunaan metode atau model pembelajaran yang menarik dapat membuat suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa mudah menerima materi pembelajaran yang disampaikan misalnya:

a)        Dalam informasi pencarian informasi siswa dilibatkan dalam pencarian informasi tersebut.

b)        Berikan pertanyaan dan biarkan siswa untuk memecahkan masalah tersebut. Contohnya pada saat praktik maupun materi sebelum pemberian materi siswa diberi pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang akan kita ajarkan.

Melalui model PBL, keaktifan serta semangat belajar peserta didik meningkat dan proses belajar mengajar semakin baik.

Tanggapan dari rekan sejawat: Guru PJOK harus semakin hebat dalam proses pembelajaran dan akan dijadikan contoh atau sebagai motivator untuk guru yang lain.

 

No comments:

Post a Comment