Monday 11 March 2013

Hubungan psikologi dengan ilmu lain


 Hubungan psikologi dengan ilmu lain

Dari sejarahnya yang berawal dari filsafat dan ilmu faal, jelaslah bahwa psikologi berhubungan dengan ilmu-ilmu lainnya.

  • Hubungan Psikologi dengan Sosiologi
gejala seperti urbanisasi atau konflik antarkelompok memerlukan penjelasan psikologi,sehingga timbul cabang psikologi yang khusus mempelajari masalah–masalah sosial,yang dinamakan psikologi sosial.

  • Hubungan Psikologi dengan Ilmu ekonomi
Naik-turunnya harga tau kurs valuta asing atau berhasil/tidaknya suatu psikologi adalah upaya marketing tidak hanya tergantung pada hukum supply and demand dalam ilmu ekonomi,tetapi juga dalam proses pembuatan keputusan yang dilakukan oleh manusia-manusia yang terlibat dalam proses ekonomi (penjual, pembeli, produsen, distributor, bank, pasar modal, pemerintah, dan lain-lain).

  • Hubungan Psikologi dengan Ilmu hukum 
Ilmu yang mempelajari bagaimana mencapai kebenaran dan keadilan ini jelas terkait erat dengan psikologi karena kebenaran dan keadilan itu sendiri sangat subjektif dan karenanya bersifat psikologis.

  • Hubungan Psikologi dengan Ilmu politik
  • Hubungan Psikologi dengan Antropologi 
 antropologi yang secara sistematis mempelajari perilaku manusia.

  • Hubungan Psikologi dengan Filsafat
Manusia sebagai makhluk hidup juga merupakan obyek dari filsafat yang antara lain membicarakan soal hakikat kodrat manusia, sekalipun akhirnya psikologi memisahkan diri dari filsafat tetapi disini hubungannya adalah bersifat timbal balik.

  • Hubungan Psikologi dengan Paedagogiek
Paedagogiek sebagai ilmu yang bertujuan untuk memberikan bimbingan hidup manusia sejak dari lahir sampai mati tidak akan sukses,bilamana tidak mendasarkan diri kepada psikologi.dengan demikian paedagogiek  baru akan tepat mengenai sasaran, apabila memahami langkah-langkahnya sesuai dengan petunjuk-petunjuk psikologi.

  • Hubungan Psikologi dengan agama
Agama sejak turunnya kepada rasul diajarkan kepada manusia dengan dasar-dasar yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi psikologis,didalam agama terdapat ajaran tentang bagaiman agar manusia mau menerima petunjuk tuhannya.

  • Hubungan Psikologi dengan biologi
Biologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang kehidupan, oleh karena itu baik biologi maupun psikologi sama-sama membicarakan manusia.

No comments:

Post a Comment