Pengertian Manajemen BK
Untuk dapat melaksanakan layanan bimbingan dan
konseling diperlukan pengetahuan manajemen. Pengetahuan manajemen penting bagi
keberhasilan seseorang melaksanakan kegiatan, terutama yang dalam
pelaksanaannya melibatkan banyak orang seperti bimbingan dan konseling.
Secara sistematik manajemen mempunyai beberapa arti,
tergantung dari konteks dan maksudnya. Kata manajemen
yang dipakai dalam kehidupan berorganisasi merupakan terjemahan dari bahasa Inggris
to manage yang berarti mengurus,
mengatur, mengemudikan, mengarahkan, mengendalikan, menangani, mengelola,
menyelenggarakan, menjalankan, melaksanakan, memipin. Sedangkan dalam bahasa
latin manajemen berasal dari kata mano yang berarti tangan, kemudian menjadi manus yang berarti bekerja berkkali-kali dengan
menggunakan tangan, kemudian ditambah managiare
yang berarti melakukan sesuatu
berkali-kali dengan beberapa tangan. Dengan kata lain untuk mengerjakan
sesuatu memerlukan tangan-tangan dan kegiatan orang lain.
Selain itu manajemen adalah suatu
ilmu atau juga seni untuk membuat orang lain mau dan bersedia bekerja untuk
mencapai tujuan yang telah dirumuskan bersama. Oleh sebab itu manajemen
memerlukan konsep dasar pengetahuan, kemampuan untuk menganalisis situasi,
kondisi, sumber daya yang ada, memikirkan cara yang tepat untuk melaksanakan
kejutan yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan.
Dengan demikian manajemen bimbingan
dan konseling diartikan sebagai proses mengadakan, mengatur, dan memanfaatkan
berbagai sumber daya yang dianggap penting guna mencapai suatu tujuan layanan
bimbingan dan konseling. Lebih janjut manajemen bimbingan dan konseling merupakan
keseluruhan proses aktivitas yang dilakukan oleh sekelompok manusia dalam suatu
system organisasibimbingan dan konseling dengan menggunakan segala sumber daya
untuk mencapai tujuan secara efisien dan efektif dalam layanan bimbingan dan
konseling .
No comments:
Post a Comment